Allah Bersama Orang yang Sabar!


Sabar adalah satu sifat yang mulia. Dengan sifat sabar, kita bisa merubah lawan menjadi teman. Orang-orang yang sabar mempunyai keuntungan yang besar:

„Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia.

Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keuntungan yang besar.“ [Fushilat:34-35]


Allah menjanjikan surga kepada orang-orang yang sabar:

„Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,

(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.“ [Ali Imran:133-134]

Ketika Abu Bakar tersinggung pada kerabatnya yang turut menyiarkan fitnah terhadap anaknya ‚Aisyah dan ingin menghentikan bantuan, turun ayat Allah yang melarang itu:

„Dan janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kamu bersumpah bahwa mereka (tidak) akan memberi (bantuan) kepada kaum kerabat(nya), orang-orang yang miskin dan orang-orang yang berhijrah pada jalan Allah, dan hendaklah mereka mema’afkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang“ [An Nuur:122]

Memaafkan orang bisa mendapat pahala dan lebih utama:

„Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim.“ [Asy Syuura:40]

„Tetapi orang yang bersabar dan mema’afkan, sesungguhnya (perbuatan ) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.“ [Asy Syuura:43]

„Jika kamu melahirkan sesuatu kebaikan atau menyembunyikan atau memaafkan sesuatu kesalahan (orang lain), maka sesungguhnya Allah Maha Pema’af lagi Maha Kuasa.“ [An Nisaa’:149]

Kadang dalam rangka taushiyah/dakwah orang sering berkata-kata buruk terhadap orang yang tidak sepaham. Padahal dalam surat Al Ashr kita diperintahkan untuk melakukannya dengan cara yang baik dan dengan kesabaran:

„kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.“ [Al Ashr:3]

Allah tidak suka dengan orang yang suka mencaci orang lain:

„Allah tidak menyukai ucapan buruk, (yang diucapkan) dengan terus terang kecuali oleh orang yang dianiaya. Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.“ [An Nisaa’:148]

Allah cinta dan bersama dengan orang-orang yang sabar:

„Dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.“ [Al Anfaal:46]

Allah menyuruh kita sabar dan melarang kita marah meski kita dalam keadaan benar. Lihat bagaimana Allah mengecam Nabi Yunus yang marah kepada ummatnya yang jelas-jelas kafir:

„Maka bersabarlah kamu (hai Muhammad) terhadap ketetapan Tuhanmu, dan janganlah kamu seperti orang yang berada dalam (perut) ikan ketika ia berdoa sedang ia dalam keadaan marah (kepada kaumnya).“ [Al Qalam:48]

Menjadi orang yang sabar memang sulit. Sangat sulit. Mudah-mudahan Allah SWT memberi kekuatan bagi kita hingga bisa jadi orang yang sabar dan dekat denganNya.

Di bawah adalah doa agar diberi Allah kesabaran dan wafat dengan akhir yang baik (Husnul Khatimah) di mana kita bukan hanya dicintai Allah, tapi juga manusia:


“Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri kepada-Mu” [Al A'raaf 126]

Wassalamu’alaikum wr wb

About these ads

27 Tanggapan

  1. Alangkah susahnya menjadi orang sabar…. Kalau udah marah rasanya kesadaran dan ilmu hilang dari pikiran… Doa apa yang bisa mengingatkan kita akan kesabaran…?

  2. Assalamu’alikum….Sabar…mudah diungkapkan tapi sulit dilakukan…tapi harus tetap berusaha :) untuk menjadi orang yg sabar

  3. menjadi penyabar memang benar sulit, namun baik untuk kehidupan tiap umat manusia. maka berusahalah kita terus menerus menjadi orang – orang yang sabar dan dicintai Allah

  4. ya mamang bener dari comen2 temen2 diatas ,sangat susah menjadi orang yang sabar,tp klo kita mau berlatih ,dan bersabar dalam menghadpi suatu mslh ,mudah2han allh swt memberikan petunjuknya kpd kita ,aminn

  5. Assalamualaikum……..
    Sabar emang susahtapigimanakalau teman-teman yang ngejek kita gak mau berhenti…?

  6. @Azis, sabar memang untuk menghadapi hal-hal yang tidak kita sukai.
    Oleh karena itu sabar itu memang sangat-sangat sulit. Oleh karena itulah Allah bersama orang yang sabar sebagai imbalan kesabaran mereka.

  7. Sabar hanya bisa dilakukan dengan orang2 yg khusuk shalat.. tebal imannya.. yang menciptakan kebaikan2 lainnya.. Subhallahi Wabihamdi..

  8. gimana ya, aku susah bgt untuk sabar dalam menyelesaikan masalah, ini aja aku rasanya main hati, kerja jaga toko, anaknya bos sering nyuruh2 dah kayak bos besar aja, rasanya nggak ada waktu buat istirahat, tiap malem waktunya istirahat dibangunin suruh beli macem2 itupun tiap hari, gimana sich biar hati ini lega dengan kesabaran itu sendiri? tolong kasih solusi ya temen2

  9. hmmm akk amu tanya ..
    akk puna temen dekett dlunya dkt bgd tapi karna ada masalh yang buat akk jd musuhan ma temen itu .
    akk dah sabar bgd tp mreka nglunjak bgd .
    smpe^ akk dah khbisan ksbrn, tp untung akk cman diam saja dan b’sabarr
    karena ak ingat mreka adl tmen akk dulunya .

    sampee kpn siihh akk hruss b’sabarr ??

  10. SABAR INDAH TAPI AMAT BERAT…TP ITU BUKAN ALASAN UNTUK TIDAK BERSABAR……………..pahit akn manis akhirnya

  11. asshobru diyaaun…..sabar adalah emas….

    sabar juga ibaratnya orang yang lagi minum jamu,,,

  12. SABAR kata yang singkat,tapi tak semua orang bisa menerapkannya didalam kehidupan sehari-hari.termasuk saya,sul;it bagi saya untuk menerapkan didalam hidup saya untuk berbuat sabar.

  13. SABAR??? susah bnget untuk sabar apa lagi klo untuk menghadapi orang yg suka bhong..tukang janji! hanya emosi yg keluar dan kta2 yg memaki! gmn ya menyabri orang ky gt? apa klo sabar allah akan memberikan jaln keluarnya??

  14. sabar emng sush buat di jalani..tapi kita msh pnya hati nurani dan ke imanan tu yg bsa buat kita bertahan untuk hadapin hidup yg bnyk cobaan ini…

  15. Suami saya plg kerja slalu mabok seminggu sekali. Dan slalu ga angkat hapenya. Apa saya mesti sabar? Sampe kapan? Apa dgn saya sabar dia bisa brubah??wassalam..

  16. Gimna caranya mnjadi orang yng penyabar?????
    saya sdah brusaha tapi ttap jha gak bisa.
    tpi terkadang saya lawan rasa amarah saya.

  17. bagaimana ya membalas buah dari kesabaran orang lain yang ditujukan kepada kita yang sering marah 2 kpda mereka dan orang tua kita ya???/tlong dibalas ya…

  18. Assalamualaikum wr.wb .
    Jujur saja sabar itu sifat yang sangat sulit untuk kita miliki ,
    tiap kali masalah datang susah sekali untuk bersabar ,
    termasuk saya , saya orang nya ga sabaran banget tp liat koment” d atas saya jadi mikir .
    Obat agar kita bisa sabar yaitu adalah dimana kita sedang marah , coba kita lawan rasa itu dan Ingat lah kepada Allah ,lawan dengan kalimat istighfar walopun rasa marah kita ini trs ada coba lah terus lawan dgn kalimat itu terus dan terus insya allah sabar akan datang kepada kita :)

  19. subahana allah jadi orang yang sabar susah..
    gmna cara nya bisa sabar tapi iklas…..

  20. untuk menjadi sabar itu mudah………………pusatkan fikiran pada Allah SWT aja,jangan mikir yang lain insya Allah sabar akan didapat lebih mudah

  21. trmaksih.. tausiah ini sngat brmanfaat trutama buat pribadi saya…

  22. semua barang yg kita inginkan bisa kita beli dngan uang,,
    namun kesabaran tak ad nilai jualnya,,,
    sulit sekali bersabar itu,,

  23. orang sabar itu pasti di sayang, sama…… tapi jadi orang sabar itu gak gampang loh

  24. ya emang bener jadi orang yang sabar itu tidak gampang soalnya banyak banget godaanya, menurut aku dengan sabar kita akan mudah menerima ilmu dengan baik. dengan sabar itu bisa membuat orang menjadi cerdas dan pinter insya allah., amin.,,,

    • menjadi org yg sbar sangat sulit bagi mreka yg msh mrasa mmiliki dirinya scara utuh dan tunggal..
      brbeda dngan mreka yg brtaqwa dan mrasa bhwa tak seujung kuku pun dari jiwa dan raganya adalah miliknya, melainkan smuanya hnya lah titipan dri Allah SWT.

  25. Assalamualaikum wr,wb :saya ingin bertanya kepada anda saya hamba (ALLAH) yg sering tersisih kan oleh semua orang terutama orang tua saya saya anak ke:3/bungsu tapi saya merasa saya dianggap anak tiri dari ke2 orang tua saya dari kecil sampe dewasa saya udah begitu sabarnya menjalani apa yang (ALLAH) berikan kepada saya selain itu juga saya selalu diolok2 oleh tetangga atau tmn2 kadang saya menangis jadi selain sabar saya harus apa lg tolong pencerahannya.assalamualaikum,wr,wb

  26. bagiku hanya ada stu cara untuk bersabar; istighfar sebanyak mungkin lalu doakan agar dia mendapat ampunan dan petunjuk. cara ini sudah aku lakukan selama bertahun-tahun. alhamdulilah, sekarang dia sudah bersikap jauh lebih baik padaku. dan diapun memuji kesabaranku..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 165 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: