Cara Mandi Junub


Al Ghuroba. Mandi junub adalah mandi wajib untuk membersihkan diri dari hadats besar dengan mengalirkan air ke seluruh bagian tubuh. Jika tidak mandi junub sementara kita dalam keadaan junub, maka sholat kita tidak sah.

Sebab mandi junub :

1. Keluarnya mani, apakah karena syahwat atau karena sebab yang lainnya. Hal ini sebagaimana dinyatakan oleh Nabi Muhammad sallallahu alaihi wa aalihi wasallam dalam sabda beliau sebagai berikut :

(tulis haditsnya di Syarah Shahih Muslim An Nawawi juz 4 hal. 30 hadits ke 81)

Dari Abi Sa’id Al Khudri dari Nabi sallallahu alaihi wa aalihi wasallam, bahwa beliau bersabda : “Hanyalah air itu (yakni mandi) adalah karena air pula (yakni karena keluar air mani”. HR. Muslim dalam Shahihnya.

Dalam menerangkan hadits ini Al Imam Abu Zakaria Muhyiddin bin Syaraf An Nawawi menyatakan : “Dan Ma’nanya ialah : Tidak wajib mandi dengan air, kecuali bila telah keluarnya air yang kental, yaitu mani”.

2. Berhubungan seks, baik keluar mani atau tidak keluar mani. Hal ini sebagaimana yang dinyatakan Nabi Muhammad sallallahu alaihi wa aalihi wasallam dalam sabdanya sebagai berikut :

(tulis haditsnya di Fathul Bari Ibni Hajar jilid 1 hal. 395 hadits ke 291)

Dari Abi Hurairah radhiyallahu anhu, dari Nabi sallallahu alaihi waalihi wasallam, bahwa beliau bersabda : “Apabila seorang pria telah duduk diantara empat bagian tubuh permpuan (yakni berhubungan seks) kemudian dia bersungguh-sungguh padanya (yakni memasukkan kemaluannya pada kemaluan perempuan itu), maka sungguh dia telah wajib mandi karenanya”. HR. Bukhari dalam Shahihnya.

3. Berhentinya haid dan nifas (Masalah ini akan dibahas insyaallah dalam rubrik kewanitaan).

4. Mati dalam keadaan Muslim, maka yang hidup wajib memandikannya. (Masalah ini akan dibahas insyaallah dalam topik pembahasan “cara memandikan jenazah”).

Cara menunaikan mandi junub :

Karena menunaikan mandi junub itu adalah termasuk ibadah kepada Allah Ta’ala, maka disamping harus dilakukan dengan ikhlas karena Allah semata, juga harus pula dilaksanakan dengan cara dituntunkan oleh Rasulullah sallallahu alaihi wa aalihi wasallam. Dalam hal ini terdapat beberapa riwayat yang memberitakan beberapa cara mandi junub tersebut. Riwayat-riwayat itu adalah sebagai berikut :

1. (tulis hadisnya dalam Sunan Abi Dawud jilid 1 hal. 63 hadits ke 249)

“Dari Ali bin Abi Thalib, bahwa Rasulullah sallallahu alaihi wa aalihi wasallam telah bersabda : Barangsiapa yang meningggalkan bagian tubuh yang harus dialiri air dalam mandi janabat walaupun satu rambut untuk tidak dibasuh dengan air mandi itu, maka akan diperlakukan kepadadanya demikian dan demikian dari api neraka”. HR. Abu Dawud dalam Sunannya hadits ke 249 dan Ibnu Majah dalam Sunannya hadits ke 599. Dan Ibnu Hajar Al Asqalani menshahihkan hadits ini dalam Talkhishul Habir jilid 1 halaman 249.

Dengan demikian kita harus meratakan air ketika mandi janabat ke seluruh tubuh dengan penuh kehati-hatian sehingga dilakukan penyiraman air ketubuh kita itu berkalai-kali dan rata.

2. (tulis haditsnya di Fathul Bari jilid 1 halaman 429 hadits ke 248)

“Dari A’isyah radhiyallahu anha beliau menyatakan : Kebiasaannya Rasulullah sallallahu alaihi wa aalihi wasallam apabila mandi junub, beliau memulai dengan mencuci kedua telapak tangannya, kemudian beliau berwudhu’ seperti wudhu’ beliau untuk shalat, kemudian beliau memasukkan jari jemari beliau kedalam air, sehingga beliau menyilang-nyilang dengan jari jemari itu rambut beliau, kemudian beliau mengalirkan air ke seluruh tubuh beliau”. HR. Al Bukhari dalam Shahihnya hadits nomer 248 (Fathul Bari) dan Muslim dalam Shahihnya hadits ke 316. Dalam riwayat Muslim ada tambahan lafadl berbunyi demikian : “Kemudian beliau mengalirkan air ke seluruh tubuhnya, kemudian mencuci kedua telapak kakinya”.

Jadi dalam mandi junubnya Rasulullah sallallahu alaihi wa aalihi wasallam, beliau memasukkan air ke sela-sela rambut beliau dengan jari-jemari beliau. Ini adalah untuk memastikan ratanya air mandi junub itu sampai ke kulit yang ada di balik rambut yang tumbuh di atasnya. Sehingga air mandi junub itu benar-benar mengalir ke seluruh kulit tubuh.

3. (tulis haditsnya di Shahih Muslim Syarh An Nawawi juz 3 hal 556 hadits ke 317)

“Maimunah Ummul Mu’minin menceritakan : Aku dekatkan kepada Rasulullah sallallahu alaihi wa aalihi wasallam air mandi beliau untuk janabat. Maka beliau mencuci kedua telapak tangan beliau dua kali atau tiga kali, kemudian beliau memasukkan kedua tangan beliau ke dalam bejana air itu, kemudian beliau mengambil air dari padanya dengan kedua telapak tangan itu untuk kemaluannya dan beliau mencucinya dengan telapak tangan kiri beliau, kemudian setelah itu beliau memukulkan telapak tangan beliau yang kiri itu ke lantai dan menggosoknya dengan lantai itu dengan sekeras-kerasnya. Kemudian setelah itu beliau berwudlu’ dengan cara wudlu’ yang dilakukan untuk shalat. Setelah itu beliau menuangkan air ke atas kepalanya tiga kali tuangan dengan sepenuh telapak tangannya. Kemudian beliau membasuh seluruh bagian tubuhnya. Kemudian beliau bergeser dari tempatnya sehingga beliau mencuci kedua telapak kakinya, kemudian aku bawakan kepada beliau kain handuk, namun beliau menolaknya”. HR. Muslim dalam Shahihnya hadits ke 317 dari Ibnu Abbas.

Dari hadits ini, menunjukkan bahwa setelah membasuh kedua telapak tangan sebagai permulaan amalan mandi junub, maka membasuh kemaluan sampai bersih dengan telapak tangan sebelah kiri dan setelah itu telapak tangan kiri itu digosokkan ke lantai dan baru mulai berwudhu’. Juga dalam riwayat ini ditunjukkan bahwa setelah mandi junub itu, sunnahnya tidak mengeringkan badan dengan kain handuk.

4. (tulis haditsnya di Fathul Bari jilid 1 halaman 372 hadits ke 260)

“Dari Maimun (istri Nabi sallallahu alaihi wa aalihi wasallam), beliau memberitakan bahwa Nabi sallallahu alaihi wa aalihi wasallam ketika mandi janabat, beliau mencuci kemaluannya dengan tangannya, kemudian tangannya itu digosokkan ke tembok, kemudian setelah itu beliau mencuci tangannya itu, kemudian beliau berwudlu’ seperti cara wudlu’ beliau untuk shalat. Maka ketika beliau telah selesai dari mandinya, beliau membasuk kedua telapak kakinya”. HR. Bukhari dalam Shahihnya, hadits ke 260.

Dari hadits ini, menunjukkan bahwa menggosokkan telapak tangan kiri setelah mencuci kemaluan dengannya, bisa juga menggosokkannya ke tembok dan tidak harus ke lantai. Juga dalam hadits ini diterangkan bahwa setelah menggosokkan tangan ke tembok itu, tangan tersebut dicuci, baru kemudian berwudlu’.

Penutup Dan Kesimpulan :

Dari berbagai riwayat tersebut di atas kita dapat simpulkan, bahwa cara mandi junub itu adalah sebagai berikut :

1. Mandi junub harus diniatkan ikhlas semata karena Allah Ta’ala dalam rangka menta’atiNya dan beribadah kepadaNya semata.

2. Dalam mandi junub, harus dipastikan bahwa air telah mengenai seluruh tubuh sampaipun kulit yang ada di balik rambut yang tumbuh di manapun di seluruh tubuh kita. Karena itu siraman air itu harus pula dibantu dingan jari jemari tangan yang mengantarkan air itu ke bagian tubuh yang paling tersembunyi sekalipun.

3. Mandi junub dimulai dengan membasuh kedua telapak tangan sampai pergelangan tangan, masing-masing tiga kali dan cara membasuhnya dengan mengguyur kedua telapak tangan itu dengan air yang diambil dengan gayung. Dan bukannya dengan mencelupkan kedua telapak tangan itu ke bak air.

4. Setelah itu mengambil air dengan telapak tangan untuk mencuci kemaluan dengan telapak tangan kiri sehingga bersih.

5. Kemudian telapak tangan kiri itu digosokkan ke lantai atau ke tembok sebanyak tiga kali. Dan setelah itu dibasuh dengan air.

6. Setelah itu berwudlu’ sebagaimana cara berwudlu’ untuk shalat.

7. Kemudian mengguyurkan air dari kepala ke seluruh tubuh dan menyilang-nyilangkan air dengan jari tangan ke sela-sela rambut kepala dan rambut jenggot dan kumis serta rambut mana saja di tubuh kita sehingga air itu rata mengenai seluruh tubuh.

8. Kemudian bila diyakini bahwa air telah mengenai seluruh tubuh, maka mandi itu diakhiri dengan membasuh kedua telapak kaki sampai mata kaki.

9. Disunnahkan untuk tidak mengeringkan badan dengan kain handuk atau kain apa saja untuk mengeringkan badan itu.

10. Disunnahkan untuk melaksanakan mandi junub itu dengan tertib seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad sallallahu alaihi wa aalihi wasallam.

Demikianlah cara mandi junub yang benar sebagaimana yang diajarkan oleh Nabi Muhammad sallallahu alaihi wa aalihi wasallam dan juga telah dicontohkan oleh beliau. Semoga dengan kita menunaikan ilmu ini, amalan ibadah shalat kita akan diterima oleh Allah Ta’aala karena kita telah suci dari junub atau hadats besar. Amin Ya Mujibas sa’ilin.

1. Tentang pengertian orang yang mukalaf , artinya orang yang telah baligh dari sisi usianya dan telah mumayyiz dari sisi kemampuan berfikirnya. Mumayyiz itu sendiri artinya ialah kemampuan membedakan mana yang bermanfaat baginya dan mana pula yang bermudarat.

2. Tentang pengertian hadats besar , telah diterangkan dalam Salafi ed. 1 th. V hal. ?

3. Ar Raudhatun Nadiyah, Al Allamah Shiddiq Hasan Khan, hal. 35.

4. Al Majmu’ Syarah Muhadzdzab, Abu Zakaria Muhyiddin bin Syaraf An Nawawi, jilid 2 hal. 153, Darul Fiker Beirut Libanon, cet. Th. 1417 H / 1996 M.

Al Ustadz Ja’far Umar Thalib

http://alghuroba.org/junub.php

About these ads

82 Tanggapan

  1. Assalamu’alaikum wr.wb
    1.Mau tanya tentang adanya ketentuan membasuh kaki setelah mandi, apakah itu merupakan kelajutan wudhu yang awal.
    Saya pernah dengar dari ustadz bahwa ketika wudhu sebeum mandi, membasuh kaki tidak dilaksanakan tapi d ganti pas akhir mendi. Jadi keika wudhu tidak pakai membasuh kaki, dan sebagai gantinya membasuh kakinya pas setelah mandi/mengguyurkan air setelah itu.
    2. Apakah mengguyur air itu ada aturannya. Kata ustadz, mengguyur bagian badan sebelah kanan dengan tangan kiri dahulu 3x kemudian menguyur bagian badan sebeklah kiri degan tangan kanan 3x dan akhirnya mengguyut semuanya sebanyak 3x.
    Mohon baasannya……

  2. Dari hadits di bawah jelas wudlunya seperti wudlu sholat, artinya kaki juga:
    2. (tulis haditsnya di Fathul Bari jilid 1 halaman 429 hadits ke 248)

    “Dari A’isyah radhiyallahu anha beliau menyatakan : Kebiasaannya Rasulullah sallallahu alaihi wa aalihi wasallam apabila mandi junub, beliau memulai dengan mencuci kedua telapak tangannya, kemudian beliau berwudhu’ seperti wudhu’ beliau untuk shalat,

    Di bulughul Marom disebut Nabi mengguyur kepalanya dahulu 3x:
    Hadits ke-128
    ‘Aisyah Radliyallaahu ‘anhu berkata: Biasanya Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam jika mandi karena jinabat akan mulai dengan membersihkan kedua tangannya, kemudian menumpahkan air dari tangan kanan ke tangan kiri, lalu mencuci kemaluannya, kemudian berwudlu, lalu mengambil air, kemudian memasukkan jari-jarinya ke pangkal-pangkal rambut, lalu menyiram kepalanya tiga genggam air, kemudian mengguyur seluruh tubuhnya dan mencuci kedua kakinya. Muttafaq Alaihi dan lafadznya dari Muslim.

    Saya juga pernah membaca bahwa kita mengguyur kepala dulu 3 x kemudian badan sebelah kanan 3x dan kiri 3x. Ada yang berpendapat setelah mengguyur kepala 3x terserah yang mana saja yang penting di situ membasuh seluruh tubuh dan kepala/rambut. Nanti kalau ketemu hadits yang lebih rinci akan saya informasikan lagi.

    Mungkin guru anda berpedoman pada HR Bukhari sbb:
    Bab Ke-5: Mandi Satu Kali Mandian

    153. Maimunah berkata, “Aku pernah meletakkan (dalam satu riwayat: menuangkan) air untuk Nabi Muhammad saw untuk dipakai mandi [janabah, [dan aku menabirinya]. Beliau lalu membasuh kedua tangannya dua atau tiga kali, kemudian menuangkan air [dengan tangan kanannya] atas tangan kirinya, lalu beliau membasuh kemaluan: dan apa-apa yang ada di sekitarnya yang terkena kotoran. Beliau lalu menggosok-gosokkan tangannya ke atas tanah (dan dalam satu riwayat: menggosokkannya ke dinding, dalam riwayat lain: ke tanah atau ke dinding [dua atau tiga kali] [kemudian mencucinya], lalu berkumur-kumur, mencuci hidungnya dengan air, membasuh wajah dan kedua tangannya [dan membasuh kepalanya tiga kali , (dalam satu riwayat: berwudhu seperti wudhunya untuk shalat, hanya saja tidak membasuh kakinya), kemudian menyiramkan air ke seluruh tubuhnya, lalu bergerak dari tempatnya dan mencuci kedua kakinya, [kemudian dibawakan sapu tangan kepada beliau, tetapi beliau tidak menggunakannya untuk mengusap tubuhnya (dalam satu riwayat: lalu aku bawakan penyeka/handuk, lalu beliau berbuat begini, tetapi tidak mengulanginya), (dalam riwayat lain: lalu aku bawakan kain, tetapi tidak beliau ambil, lalu beliau pergi sambil mengusapkan kedua tangannya.)].”

  3. sy nak tanya tentang rambut yang gugur ketika berhadas besar. perlukah rambut tersebut dimandikan? bagaimana jika saya memotong kuku ketika dalam haid. apakah hukumnya? harap dapat jawab dan hantar ke e-mail saya.

  4. apakah hukum memotong kuku ketika haid? perlukah saya memandikan rambut yang gugur ketika dalam haid? harap dapat menjawab di e-mail sy.

  5. Assalamualaikum wr wb
    1.Perlukan berwudhu kembali setelah mandi junub karna kita ingin melaksanakan sholat?
    2.Air yg sudah dipakai mandi junub,bolehkan dipakai berwudhu,pa bila tidak ada air yg lain?
    Makasih sebelumnya.
    ..Wassalam..

  6. Assalamualikum..
    perlukah mandi junub dilakukan bersama pasangan?atau mandi secara bersendirian?

  7. Mandi junub umumnya dilakukan sendirian. Tapi bersama pasangan juga boleh:

    Aisyah r.a. berkata, “Aku mandi bersama Nabi Muhammad saw. dari sebuah bejana/tempat air [masing-masing kami junub, 1/78] dari sebuah mangkok yang disebut faraq (tempat air yang memuat tiga sha’), [tangan kami saling bergantian di dalam bejana itu, 1/ 70] (dalam satu riwayat: kami menciduk bersama-sama dalam bejana itu, l/72)[1] (dalam satu riwayat: tempat mencuci pakaian ini diletakkan untukku dan untuk Rasulullah saw., lalu kami masuk ke dalamnya bersama-sama, 8/154).”

  8. assalamualaikum wr, wb
    totlong bacaan doa mandi junub yang selengkapnya…trima kasih

    • DOA HENDAK MANDI BESAR (JUNUB)
      – Disunahkan berwudhu dulu, niatnya untuk menghilangkan hadast besar
      – Doa setelah berwudu
      ”asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahu laa syariikalahu wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa Rosuuluh, Alloohummaj’alni minat tawwabiina waj’alnii minal mutathohhiriin” Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah semata; yang tidak ada sekutu baginya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya, Ya Allah jadikan aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikan aku termasuk orang-orang yang suka mensucikan diri ’
      – Pendapat : Mandi hadas besar (junub) memang harus ada niatnya, niatnya bisa dalam hati yang intinya ingin bersuci, sebab Allah SWT maha tau dari apa yang ada dalam hati kita, Tapi ada pula yang mengatakan kalau nggak pake bacaan kurang mantap, ya silahkan saja…yang penting kita mandi berniat untuk mensucikan diri kita dari hadas besar (mandi junub).
      – Pendapat : Ada pendapat yang mengatakan bahwa mandi junub itu harus membasuh seluruh tubuh secara merata sebanyak 7x dengan tangan, terutama pada daerah senggama, harus dibersihkan dari najis yang mungkin masih menempel, akan tetapi ada pula yang bilang nggak perlu membasuh sebanyak 7x sebab saat ini sudah ada sabun mandi dan sampoo yang bisa membersihkan diri kita dari kotoran dan najis, nah semuanya pendapat tentu sudah ada dasar pemikiran dan hasil renungan dari para ulama, semua pendapat ulama adalah baik.

      DOA MANDI JUNUB / JANABAT“Nawaitu ghuslal li rof’il hadatsil akbari minal janabati ‘an jami’il badani fardhan lillahi ta’ala.” Saya berniat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari semua badan setelah junub, yang merupakan kewajiban hanya karena Allah semata.

  9. assalamu’alikaum wr.wb

    saya sangat senang dengan adanya sharing informasi, sangat membantu dan memberi informasi yang sah dan kuat kepada para kaum muslim yang belum mengetahui sebelumnya.

    saya mencoba memberikan saran,semoga bermanfaat…
    Meskipun kita mempunyai mazhab masing2, saya mohon kepada service provider untuk hal ini memberikan jawaban yang sesuai,,,jika sipembaca tahu harus yang mana untuk dipilih, susuh juga jika terlalu banyak pilihan, pasti berbeda pula aturannya,,,

    jika bisa tampilkan aja seperti yang anda ketahui dan anda kerjakan..supaya sipembaca bisa lebih memahami,,,,

    maaf jika berlebihan.

  10. assalamu’alalikum..
    tentang menggosokkan tangan ke lantai atau tembok, apakah itu tujuannnya untuk membersihkan tangan tersebut? bagaimana kalau diganti dengan mencucinya dengan sabun? ataukah statusnya seperti menggunakan debu suci pada pada najis mughaladhoh..?

    terima kasih,
    wassalam,

  11. Bagaimana jika diri saya terlalu sensitif,sehingga air mani mudah keluar?

  12. gimana bacaan doa mandi junub yg benar dan lengkap?bg yg tau tlg ksh tau ya.makasih….bos..

  13. ass. wr wb. alhamdulillah awal dr semua ibadah telah diungkap berupa tata cara thaharah yg mungkin tdk dipahami bnyk orang. janabat menghilang hadast besar utk kesucian menuju kecintaan ALLAH

  14. Assalamu’alaikum

    Bagaimana hukumnya mengeluarkan air madzi karena terimajinasi walaupun keluarnya hanya sedikit, dan bagaimana bersuci darinya apakah kita diharuskan untuk mandi janabat atau tidak, terima kasih. :-)

    Wassalamu’alaikum

  15. Apa bedanya air mani dgn air madzi? Bagaimana hukumny jika keluar air madzi, apakah tetap harus mandi janabat/junub??

  16. Saya ingin bertanya,”apa hukumnya wudhlu di kamar mandi/WC?”

  17. di jawab dong kalau ada yg tanya!!
    sy cm mnanggapi sj.

    Ketika seseorang mandi karena menanggung hadats besar maka waji baginya untuk meratakan air keseluruh bagian tubuhnya tanpa terkecuali. Sebagaimana sabda Rasulullah:
    مَنْ تَرَكَ مَوْضِعَ شَعْرَةٍ لَمْ يَغْسِلَهَا فُعِلَ بِهِ كَذَا وَكَذَا مِنَ النَّارِ
    Artinya: ”barang siapa yang meninggalkan tempat sehelai rambut diwaktu mandi wajib, yakni orang tidak mau membasuhnya dengan air, maka diperlakukan dengan demikian dan demikian yakni akan disiksa sedemikian keadaannya dari api neraka”.
    Sunnah-sunnah Mandi

    kemudian bagai mana dg air mazi?
    Air madzi apabila keluar tidaklah wajib mandi tapi hanya wajib untuk berwudhu dan membersihkan pakaian atau bagian tubuh yang terkena madzi tersebut. Sebab madzi itu adalah merupakan najis dan salah satu pembatal wudhu menurut kesepakatan para ulama. Dalil akan hal ini adalah hadits ‘Ali bin Abi Tholib riwayat Bukhary Muslim, beliau berkata:

    كُنْتُ رَجُلاً مَذَّاءً فَأَمَرْتُ الْمِقْدَادَ أَنْ يَسْأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ فَسَأَ لَهُ فَقَالَ فِيْهِ الْوُضُوْءُ

    “Saya adalah seorang lelaki yang banyak keluar madzi maka saya perintahkan Al-Miqdad untuk bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam (tentang hal tersebut) maka ia pun bertanya padanya maka beliau menjawab: “wajib untuk berwudhu”.

    boleh di lihat Lihat: Al-Ausath 1/134 karya Ibnul Mundzir, Syarah Muslim 3/213, Al-Majmu‘ 2/142 karya Imam Nawawi dan Al-I’lam 1/650 karya Ibnul Mulaqqin.

  18. apabila tidak boleh mengeringkan badan dengan menggunakan anduk atau kain sejenis.
    maka dengan cara apa kita mengeringkan badan?
    atau dibiarkan saja dalam keadaan basah dan mengering sendiri?

    terima kasih sebelumnya.

  19. mau tanya, apa boleh potong kuku sblm mandi junub ?

  20. mau tanya, apa boleh potong kuku sblm mandi junub ? apa hukumnya ?

  21. Assalamualaikum
    mw tanya dunks.. Sapa aj blh jawab deh,yang penting ssuai qur’an n sunnah…;-)
    Jadi gini kl kita bru bgn tdr eh pas kita liat k “CD” kyk ad cairan putih gitu, tp dikit n kgk ngerasa ngimpi yg bgtuan.,pertanyanya : itu cairan apaan trus sebaikny kt mandi junub pa kagak ya’…

    • wassalam.
      air atau cairan yang anda temukan dalam CD anda ketika baru bangun tidur, dan anda tidak merasa mimpi malamnya dimana mimpi tersebut dapat mengakibatkan keluarnya air mani akibat syahawat, maka dengan demikian dapat disebut bahwa cairan tersebut adalah madzi, dan cukuplah bagi anda mengganti CD dan membersihkan daerah keluarnya mazi dan berwudhu. wallahu alam

  22. Jd urutan mandi junub yg paling shahih bgmn,tlong jwbnx!

  23. salam<
    apakah air yang digunakan untuk mandi wajib?
    berikan keterangan mengenai air tersebut…dan apakah air yang tidak boleh digunakan untuk mandi wajib?

  24. mau tnya, bcaan niatny it seperti ap?
    trus wkt qt mau mandi junub kn baca niatnya tu, nah kira2 ritual sikat gigi,sbunan, kramas, dll gt dilakuin nya sblm niat atau sesudah qt mandi besar? Mhn d krim k email ku y . mksi

  25. boleh nggak habis mengguyur air ke rambut terus memakai sampo?
    DAN SABUN,TERUS SIKAT GIGI BOLEH GAK

  26. Kalau rukunnya itu kan niat dan membasuh seluruh tubuh .
    Setelah rukun anda lakukan, anda boleh bersabun dan sikat gigi.

  27. ass.wr.wb.
    saya pernah mendapatkan pelajaran dari ustads pengasuh ponpes di tangerang tentang mandu junub, kurang lebih begini:

    – Wudlu sebelum mandi junub adalah sunat, apabila telah wudlu, kemudian mandi junub, maka setelahnya jika mau shalat tidak perlu wudlu lagi, tetapi jika belum berwudlu, maka harus berwudlu dulu jika mau mengerjakan shalat.

    – urutan mandi junub dimulai dengan membasuh kemaluan, wudlu, mengguyur badan sebelah kanan 3 x baru kemudian mengguyur seluruh tubuh, memakai sabun dan sampo ( kalao jaman dulu istilahnya bukan sabun dan sampo) diakhiri dengan gosok gigi.

    -bagai mana keterangan yang ini?

    trimakasih, bila berkenan kirimkan pendapat melalui email juga.

    wassalam.

  28. Assalamualaikum,

    Bisa disertakan doa mandi junub yang selengkap nya??

  29. Niat:
    Bismillaahir rahmaanir raahiim
    NAWAITUL GHUSLA LIROF’IL HADATSIL AKBA RI FARDLON LIL LAAHI TA’AALAA
    artinya : aku niat mandi wajib utk menghilangkan hadats
    besar fardlu karena Allah ta’ala

  30. Assalamualaikum….anis nak tanya apakah bacaan mandi junub dan adab-adabnya,apakah ia sama dengan mandi hadas besar .
    kalau berpuasa waktu apakah kita kena mandi junub.
    terima kasih.

  31. Lha truz,air mani itu ndiri najis 9?
    Tlg cp j yg tau tlg djwb kalo bisa ma hadistny…

  32. Air mani bukan najis.
    Dari ‘Aisyah, bahwasannya ia pernah menggosok mani dari pakaian Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam yang ketika itu beliau sedang shalat” [HR. Ibnu Khuzaimah no. 290;

    Dari Aisyah r.a. ia berkata: “Aku pernah mengerik mani dari pakaian Rasulullah SAW, kemudain beliau pergi sholat dengan pakaian tersebut”. Dalam riwayat Muslim, “Aku telah mengeriknya (mani) dari pakaian Rasulullah SAW, lalu beliau sholat dengannya (pakaian yang terkena mani tersebut).

  33. asalamualaikum,
    Bagaimana tata cara bersuci dengan mandi junub jika seseorang yg sulit / tidak boleh terkena air karena suatu hal /pun penyakit, dan ia dalam keadaan junub karena mimpi basah / berhubungan dengan suami/istrinya?
    Mohon jawabannya melalui e-mail saya, terima kasih sebelumnya.

  34. assalamualaikum…
    kang, mau tanya. ketika itu saya bermimpi basah ketika disebuah daerah yang tidak ada airnya.. lalu saya tidak melakukan mandi junub dan saya sholat.. pertanyaannya.. apa hukum yang harus kita lakukan ketika kita mimpi basah dan keluar air mani namun didaerah tersebut tidak ada air untuk bermandi junub…

    terimakasih…

    assalamualaikum…

    • kalau tidak ada air, atau belum boleh kena air dengan alasan khusus/uzur, maka boleh dengan cara bertayammum sampai kemudian bertemu dengan air/boleh kena air. wallahualam bissawab.

  35. apakah ada perbedaan niat untuk mandi wajib karena berhubungan badan ,karena haid, dan karena mimpi dan karena ingin shalat jumat?

  36. Terima kasih atas tulisannya. Hingga sy lebih paham ttg cara mandi

  37. bagaimana hukumnya jika rambut yang jatuh ketika junub apakah rambut tersebut harus dimandikan kembali…ditunggu jawabannya kalau bisa via email

  38. Alhamdulillah saya senang dngan adanya situs ini.saya bisa lbh banyak tahu dan mengerti tentang hukum islam,terima kasih wassalam…

  39. Ass wr wb,
    maaf sy mau tanya, tetapi pertanyaan nya sama dg no 24 & tambhan lg yaitu : apakah ada bilangan yg menentukan mandi junub? Brapa bnyak & hal yg pertama di mulai dr apa? Tlg di jawab ya, & blh di krim ke email sya. Trma ksh bnyak

  40. Aslm.
    Sya mw tanya..
    Ktika sya liat “bf” trus sy liat “CD” eh trnyata ada cairan putih nempel..
    Cairan apa itu.?
    Gmana cra mnghilangkn najisnya.?

  41. apa perbedaanx mandi junub dan mndi bersih stlah haid..karena yg sya bca td tdk ada bedax???
    mhon jawabx,biar jelas…trims

  42. salam…sy mau brtnye…jika kita trkena air mani org lain, adakah kita wajib brjunub juga?

    salam..

  43. ass
    sya mau bertnya, bagaimana cara mandi wajib yg benar stelah mengeluarkan air mani ?
    dan tahap2 mandi wajib yg benar dari niat sampai akhir mandi wajib ?
    serta do’a2x !!

  44. Askum..
    Apa c perbeda’n antara air mani n air madzi..
    cara mensucikanx jg gmn..
    mkc askum..

  45. assalamuaialikum..

    saya mau tanyya .
    sewaktu sya bngun tidur saya merasa semalam saya mimpi basah.
    nah pertanyaannya apakah yang saya utamakan
    sholat dulu ataw mandi junub dulu?
    krna ad sbagian yang menyatakan kalo airmani itu tidak najis jadi kalo misalkan sholat dulu juga gpp.tp saya blm yakin makanya saya bertnya kepada siapa saja yang mengetahui menurut Al-Quran dan HAdist.,

    waalaikumsalam…

  46. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Saya mau tanyak. Katanya guru agama saya, waktu mandi junub gak boleh pake sabun dulu. Emang kalo pake sabun dulu kenapa? Soalnya waktu itu, hbs mimpi, tu juga kebelet “maaf”, itu saya setor dulu baru mandi. Itu kalo pake sabun kenapa. Gak enak gak pake sabun hbs cebok. Trims.

  47. Assalamualaikum… saya mau tanya, mandi junub itu kan setelah melakukan hub badan sama pasangan,, lalu apakah perlu mandi junub untuk remaja yang mungkin kadang mimpi berhub badan, atau dia melakukan dengan sendirinya dengan mengocok kemaluannya sendiri sehingga keluar mani, “nah hal seperti itu apa perlu mandi junub juga… tolong balas makasih…

  48. Mandi junub wajib dilakukan setelah kita orgasme entah itu sehabis berhubungan, mimpi basah, atau pun masturbasi. Jika tidak, maka shalat kita tidak sah karena kita masih dalam keadaan junub/hadats besar.

    Junub tidak bisa dibersihkan dengan wudlu. Harus dengan mandi junub. Jika sakit atau kesulitan air baru bisa diganti dgn tayamum (Al Maa-idah 6]

    Masturbasi sebaiknya dihindarkan karena dosa.
    Ada pun air mani itu tidak najis.

  49. Ass.Wr.Wb.

    Kebiasaan mandi kita biasanya dalam mandi tersebut tetap akan membasuh kemaluan. Apabila diawali membasuh kemaluan, kemudian wudhu dan diteruskan dengan mandi, berarti setelah mandi tersebut hukumnya Wajib wudhu kembali karena dalam mandinya menyentuh kemaluan yang bisa membatalkan wudhu. Apakah bukannya wudhu itu itu dilakukan setelah mandi junub?

    Wassalam

  50. mw tnya bpk2 ibu2 skalian,,, klo bacaan mndi hadats prempuan dan laki2 it beda g y?

  51. ass.wr.wb

    mau tanya klo mandi junub pas bagian mengguyur rambut sy hanya mengusap saja dgn air dgn jari jemari disebabkan udzur (masuk angin) tp badannya diguyur, bagaimana hukumnya??? Trimksh

  52. Terima kasih atas share ilmunya..

  53. Assalamualaikum.. Mau tnya tntang wktu plaksanaan niat dlm mndi wajib tu kpn?
    Berbarengan ktika membasuh seluruh tubuh kn?

  54. Adakah batal apabila kami bercakap semasa mengambil wuduk atau hadas besar?

  55. ‎​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
    Maaf, tapi apa yg saya tafsirkan dr HR diatas kok tdk ada yang bermakna bahwa harus keramas seperti yang ditafsirkan penulis? Dsana tertulis bahwa Rasul hanya mengguyur dengan air sebanyak telapak tangannya sebanyak 3 kali dan memasukkan jarinya ke sela2 rambutnya.
    —Bagi laki2 mudah dgn rambut pendeknya, bgmn bila dengan perempuan yang berambut panjang dan hidup di gunung yg dingin, di bulan puasa yg hidup bersama dengan saudara atw orgtuanya di rmh yg kecil berkamar mandi satu, bila harus gebyar gebyur menjelang subuh di bulan puasa di cuaca pegunungan yg dingin menusuk, apakah kita hrs puasa jg hub suami istri selama sebulan puasa?? ( Maaf, kan malu dengan yg lain) dan menurut tafsiran sy dr HR2 tersebut kita tdk perlu keramas, tp hanya membasuh kepla sebanyak 3x dengan air dan memastikannya sampai ke sela2 kulit kepala dengan jari2 kita, ??

  56. Istilah “Keramas” itu adalah membasuh kepala dengan air dan memasukkan jari ke sela2 rambut hingga mengenai kulit kepala. Ini untuk membedakan dengan sekedar mengguyur kepala saja tanpa menggosok kulit kepala.

    Bukan harus pakai shampoo mengingat zaman dulu tidak ada shampoo.

  57. ass,wr,wb klo di waktu puasa keluar air madzi batal gk puasa kita,ap hrus mndi junub di waktu itu,mohn jwbanya y sesuai hukmnya trmksh, ,

  58. ass,wr,wb
    bang kalo saya abis mimpi basah terus itu kejadian nya jam 3 an sebelum sahur itu saya sahur dulu apa junub dulu apa junub dulu baru sahur apa, sahur dulu terus junub baru niat puasa ?
    bantu yo mas
    masih pemula

  59. assalamualikum ..
    saya ingin bertanya klo abis nonton bokep emang harus mandi wajib ya …
    terima kasihh ..
    lupi rizki .
    wassalam ..

  60. Wa’alaikum salam,
    Kalau junub, harus mandi. Jika tidak, maka shalatnya tidak syah.
    Ada pun nonton bokep itu haram. Hindari dgn puasa atau nikah.
    Wassalam

  61. hemmm, akan saya peraktikan.. trimakasih yah atas pengetahuannya ^o^

  62. apa boleh,kita mandi junub menggunakan hos???

  63. apkh kt blh mandi jnub dngan air 1bak..

  64. aslm. sy mau tanya apakah air ledeng ( PDAM ) bisa di pake untuk mandi junub ???

  65. NIAT MANDI JUNUB..:
    Baca Basmalah …..
    NAWAITUL GHUSLA LIROF’IL HADATSIL AKBA RI FARDLON LIL LAHI TA’ALA….

  66. pak ustad yang baik hatinya …
    Apakah sebelum mandi junub harus berwudhu?
    Bukankah sebelum wudhu itu kita masih dalam keadaan belum suci?
    Mohon penjelasannya
    terimakasih

  67. assalamualaikum.wr.wb
    pak ustadz saya mau nanya tentang.
    1.bagaimana doa ketika kita mau melaksanakan mandi junub.?
    2.berapa kali kita harus menyiram air ke tubuh.?
    3.bila menyiramnya 3X,maksudnya gimana,atau bagian pundak kanan di siram 3X,atas kepala 3X,pundak kiri 3X,.?ATAU:pundak kanan di siram 1X,atas kepala di siram 1X,pundak kiri di siram 1X.?
    tolong di jawab ya pak ustadz,
    TRIMAKASIH

  68. asalamualaikum
    saya nak Tanya bagaimana kalau dah niat mandi junub hanya basuh bahagian kepala dulu Dan bercukur misai Dan janggut sebelum mandi keseluruhannya tq

  69. asalamua’alaikum
    pak ustad knpa ko kita tdk di perbolehkan makan kalokita lagi hadas besar sebelum kita wudu atau mandi wajib dulu makasih .
    wasalamua’lakum

  70. Saya mau tanya : ketika bekerja ( dinas malam ) saat tidur kita bermimpi basah, sedangkan peralatan buat mandi dan pakaian ganti tidak ada..
    Gimana caranya supaya kita bisa sholat subuh..apakah kita tetap harus mandi atau bagai mana..???
    Mohon pencerahannya…

  71. asslmlaikum, terus doa yang di baca ap ,bacaannya seperti apa

  72. asalamualaikum
    mau tanya saya kan mimpi basah di bulan ramadan,lalu saya mandi junub jam 1 siang…
    pertanyaannya apakah boleh pas mandi junub di bulan ramadan harus menggosok gigi

  73. asslm ,,apakah doa mandi junub sma dengan doa wudlu

  74. Bismillah… Kalau lah boleh saya simpulkan, berarti tidak ada do’a khusus setelah mandi junub, betulkah Ustadz ?

  75. asamualaikum
    bagaimana cara mandi junub yang sedang patah tulang ?
    mohon jawabannya.. :)

  76. Trims infonya…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 169 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: