Doa dan Nasehat untuk Mendapatkan Anak


Mungkin ada di antara kita yang belum mendapat anak meski sudah bertahun-tahun menikah dan usia sudah menjelang tua. Nabi Zakaria dan istrinya juga begitu. Mereka belum juga punya anak meski sudah lama menikah dan usia menjelang uzur.

Namun Nabi Zakaria berdo’a sebagaimana dikisahkan dalam Al Qur’an, surat Ali ‘Imran ayat 38:

Doa Nabi Zakaria untuk Mendapatkan Anak

“Di sanalah Zakaria mendoa kepada Tuhannya seraya berkata: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa” [Ali ‘Imran:38]

Transliterasi doanya sebagai berikut: “Robbi hablii milladunka dzurriyyatan thoyyibah. Innaka sami’ud du’aaa’”

Tak lama setelah Nabi Zakaria mengucapkan doa tersebut, Allah mengabulkan doanya dengan memberi seorang anak:

“Kemudian Malaikat Jibril memanggil Zakaria, sedang ia tengah berdiri melakukan shalat di mihrab. Katanya: “Sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kelahiran seorang putera yang bernama Yahya, yang membenarkan kalimat yang datang dari Allah, menjadi ikutan, menahan diri dari hawa nafsu dan seorang Nabi dari orang-orang yang saleh.” [Ali ‘Imran:39]

Zakaria sampai merasa heran karena dia sudah sangat tua sedang istrinya mandul:

Zakaria berkata: “Ya Tuhanku, bagaimana aku bisa mendapat anak sedang aku telah sangat tua dan isteriku pun seorang yang mandul?.” Berfirman Allah: “Demikianlah, Allah berbuat apa yang dikehendaki-Nya.” [Ali ‘Imran:40]

Tentu saja selain berdoa kita wajib berusaha. Saya dulu sempat khawatir juga ketika setelah baligh waktu di SMP menderita penyakit gondongan. Saya sempat membaca (entah benar atau tidak) kalau menderita penyakit itu setelah balligh bisa mandul. Namun alhamdulillah ternyata Allah mengkaruniai anak.

Beberapa nasehat yang dapat saya berikan (percaya atau tidak) adalah jika anda atau pasangan anda merokok, coba dihentikan. Selain di bungkus rokok disebut rokok bisa mengakibatkan impotensi dan gangguan janin, beberapa orang yang saya lihat tidak mendapat anak memang merupakan perokok yang kuat. Memang ada juga perokok kuat yang punya banyak anak, tapi daya tahan seseorang terhadap pengaruh rokok kan berbeda-beda.

Kemudian coba minum madu 2 sendok makan setiap pagi dan malam. Usahakan madu asli seperti Madu Pramuka (sebab banyak ”Madu” yang palsu dari gula jawa). Ciri-ciri madu asli, semut kurang begitu suka, kemudian jika dibuka terutama setelah dikocok (sebaiknya jangan dikocok) dia akan berbunyi ”ploh” seperti ada gas di dalamnya. Terkadang bahkan meluap keluar.

Sebagaimana firman Allah, madu itu adalah obat yang dapat menyembuhkan termasuk penyakit mandul anda:

”…Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia…” [An Nahl:69]

Lalu coba lari pagi agar otot anda lebih kuat, nafas lebih panjang, dan lebih bugar. Coba anda dan pasangan anda jika bekerja mengambil cuti, terutama pada masa-masa subur (minggu pertama setelah haid usai) sehingga tidak mengalami kelelahan akibat bekerja.

Maaf jika agak sedikit vulgar, namun sebagai nasehat ini cukup penting. Usahakan posisi ”sedalam-dalamnya.” Saya tidak akan menguraikan terlalu jauh. Kalau anda belum mengerti, coba tanya ke orang-orang terdekat anda (muhrim) yang lebih mengerti.

Usahakan sperma bisa mengalir ke dalam dan bertemu ovum dengan mengatur posisi tubuh wanita misalnya mengganjal dubur dengan bantal (dada lebih rendah dari dubur). Biasanya setelah sholat Subuh merupakan waktu terbaik di mana kondisi anda benar-benar masih segar.

Anda harus berusaha setiap hari. Jika perlu sehari 2 sampai 4 kali.

Kemudian jika ingin mengatur apakah kita ingin anak lelaki atau perempuan, mungkin kita bisa lakukan sebagai berikut. Memang Allah SWT yang Maha menentukan. Tapi tidak ada salahnya kita sebagai manusia berusaha.

Dari berbagai artikel yang saya baca, jika kita sering makan telur, maka anak yang dilahirkan kemungkinan besar perempuan. Dan memang ketika saya mendapat anak perempuan, sebelumnya saya makan telur hampir tiap hari (saya tidak tahu kenapa).

Kemudian jika ingin anak laki-laki, perbanyak makan ikan dan yang asin-asin (tapi jangan berlebihan agar anda tidak darah tinggi). Ketika ingin mendapat anak laki-laki memang sengaja saya minta istri saya untuk sering memasak ikan. Dan di kantor juga saya memilih ikan sebagai menu makan siang. Alhamdulillah Allah mengkaruniakan saya anak laki-laki sehingga anak saya jadi sepasang.

Kalau menurut teorinya sih, telur memperkuat sel sperma yang menentukan jenis kelamin perempuan, sedang ikan memperkuat sel sperma untuk laki-laki. Mengenai kebenarannya wallahu a’lam bish showab. Namun itulah yang saya lakukan dan saya alami.

Jika seandainya semua usaha itu belum membuahkan hasil juga, anda bisa mengasuh anak yatim. Tidak perlu jauh-jauh, mungkin keponakan anda sendiri atau saudara yang lainnya. Jika tidak ada, baru anak yatim yang tidak ada hubungan keluarga dengan anda.

Pahala mengasuh anak yatim sangat besar seperti digambarkan hadits-hadits di bawah ini:

Nabi Muhammad SAW berkata: ”Aku dan pengasuh anak yatim (kelak) di surga seperti dua jari ini.” (HR. Bukhari). Penjelasan: (Rasulullah Saw. menunjuk jari telunjuk dan jari tengah dan merapatkan keduanya).

Rasulullah SAW berkata: ”Demi yang mengutus aku dengan hak, Allah tidak akan menyiksa orang yang mengasihi dan menyayangi anak yatim, berbicara kepadanya dengan lembut dan mengasihi keyatiman serta kelemahannya, dan tidak bersikap angkuh dengan apa yang Allah anugerahkan kepadanya terhadap tetangganya. Demi yang mengutus aku dengan hak, Allah tidak akan menerima sedekah seorang yang mempunyai kerabat keluarga yang membutuhkan santunannya sedang sedekah itu diberikan kepada orang lain. Demi yang jiwaku dalam genggamanNya, ketahuilah, Allah tidak akan memandangnya (memperhatikannya) kelak pada hari kiamat. (HR. Ath-Thabrani)

Semoga informasi ini bermanfaat.

About these ads

25 Tanggapan

  1. Allalu A’lam
    hampir setahun pernikahan kami blm juga dikaruniai anak, padahal yg baru menikah sdh dikarunia anak, perasaan minder dan malu campur aduk. apabila ada yg tanya mengenai apakah saya hamil, batin saya miris sekali..bagaimana sebaiknya saya?ke dokter sudah, pantangan dan anjuran2 insya Allah sudah..tapi kenapa ya?mohon doanya

    • kt senasib ta…kami jg uda setahun nikah tp belum jg dikaruniai ank…tp km yakin Allah pasti tau mn yg terbaik untuk hamba-nya..kt harus lebih besabar n bedoa…do’a di atas jg sering saya baca setiap waktu terlebih kalo liat orang laen yg sedang hamil, berharap segera hamil kyak orang laen yg sedang hamil

      • Ya Alloh… Alhamdulillah ternyata banyak juga sudara2 saya yg Kesabaran nya di uji Alloh SWT untuk mendapatkan anak, saya baru 6 bulan berumah tangga.. dan sampai saat ini juga Alloh belum mengaruniakan seorang anak ntuk kami.. Mohon Doa’a nya.. :)

    • saya doa kan, dan sama2 berdoa, semoga segera di berika momongan secepatnya, semoga bulan maret 2012 hamil ya…… amiiin, dan di berkahi anak yg sholeh dan sholehah

  2. mohon dikirimkan ke email saya doa untuk mendapatkan anak perempuan

  3. saya telah mendirikan rumah tangga selama 2 tahun tetapi masih gagal utk memiliki zuriat sendiri….apa yg perlu saya lakukan…bolehkan bg saya ayat2 yg blh di amalkan

  4. saya bina rumah tangga udah 2 tahun tapi saya dan istri belum di karuniai belahan jiwa …adakah amalan doa untuk saya dan istri agar lkas dapat belahan jiwa . dan mohon bantuan nya dengan doa agar saya dan istri cepat punya anak.amin. trimakasih.

  5. mohon amalan doa2 agar saya dan istri lekas mempunyai belahan jiwa,karna saya sangat mengharapkan kehadiran nya. mohon doa2nya di kirim melalui sms ke No hp 081574733340.trima kasih.

  6. Amalkan saja doa2 di atas. Selain itu jika ingin doa khusus misalnya ingin doa anak perempuan, doa saja” Ya Allah, berilah kami anak perempuan yang salehah”. Doa bisa pakai bahasa apa saja karena Allah Maha Tahu. Yang penting hati harus penuh kesungguhan, rezeki kita dari yang halal, dan kita juga tidak mengerjakan perbuatan dosa/maksiat.

    Bersedekah juga bisa membuka pintu rezeki. Sebagai contoh, adik saya sempat tidak punya anak meski 4 tahun sudah menikah. Akhirnya disuruh ibu saya untuk bersedekah di panti asuhan seraya minta didoakan agar segera punya anak kepada pengasuh panti tsb. Alhamdulillah akhirnya punya anak tak lama kemudian. 5 bulan lalu juga dikaruniai anak lagi sehingga jadi sepasang lelaki dan perempuan.

    Tiap menjelang pagi hari dua malaikat turun. Yang satu berdoa: “Ya Allah, karuniakanlah bagi orang yang menginfakkan hartanya tambahan peninggalan.” Malaikat yang satu lagi berdoa: “Ya Allah, timpakan kerusakan (kemusnahan) bagi harta yang ditahannya (dibakhilkannya).” (Mutafaq’alaih)

    Lihat hadits di atas dari Bukhari dan Muslim. Para malaikat berdoa agar orang yang bersedekah dikaruniai/diberi apa yang mereka inginkan. Sebaliknya orang yang tidak bersedekah disumpahi agar mereka menderita dan kehilangan harta.

    Wassalam

  7. Saya ni telah berkahwin hampir 10 tahun tp masih blum punya zuriat….cuma sedih sebab sekian lama berkahwin suami mula ungkit kalau ada selisih faham dgn brkata sy mandul….memang hancur hati dbuatnya selain dr hasutan org lain supaya kahwin lain…dah tahap give up ni tp sy masih percaya pada Hikmah Allah cuma masih belum ada rezki….harap2 tahun ni doa sy dimakbulkan Allah….InsyaAllah….

  8. Saya menikah 1,5 tahun tp belum dikarunia seorang anak….. kmarin istriku dateng bulan dah 1 Minggu telatnya, tp sorenya dateng juga mohon bantuan nya

  9. Ass..usia pernikahan saya sudah 7 th…sampai saat ini blm ada tanda-tanda kehamilan..adakah do’a supaya kami punya anak…kami sangat merindukan itu…wsslm

    • insaf & taubat ana membaca semua komen di sini..ada juga yg senasib dgn ana malah ada yg sudah bertahun2 lamanya menunggu kapan lahirnya cahaya mata….sama2 lah kita berdoa..

  10. ya alloh yarobbi trnyt ad jg yg senasib dg ku aq jg hmpr setahun menikah blumm dikarunia keturunan,, aq jg sudah periksa k dokter spesialis,, ktnya hrs dtunggu???
    aq dan suami sdh ikhtiarrr tpi blum juga, tapi aq percaya jika alloh swt pny rencana lain yg kita tidak ketahui,,,,,truzzz bersabar karna kesabaran tidak ada batasnya…
    mohon doa semua amiin..

  11. Semoga yang belum dikaruniai anak bisa segera mendapat anak.
    Bagi yang masih merokok atau sering minum obat, sebaiknya hentikan dulu. Mudah2an spermanya jadi lebih segar dan sehat.

    Coba konsumsi madu, kurma/sari kurma, atau susu yang biasa dikonsumsi Nabi. Coba juga pengobatan bekam sehingga aliran darah lebih lancar dan bersih. Rajinlah berolahraga serta coba masing2 ambil cuti seminggu sehingga kondisi badan tidak terlalu capek.

    Coba juga (maaf) bagian belakang wanita diganjal bantal sehingga sperma bisa lancar menuju rahim untuk pembuahan.

    Mudah2an segala ikhtiar di atas bisa berhasil.

    Dan syukuri apa yang ada. Bagaimana pun juga semua itu ada hikmahnya. Boleh jadi mungkin menurut Allah kita belum siap untuk mendapat anak. Karena anak itu bisa juga jadi ujian yang kita mungkin belum sabar menerimanya.

  12. Assalamu Alaikum,,

    saya udah ampir 3 thn menikah tp belum di karuniai anaka juga :(
    semua temen2 kantor udah pada melahirkan, bahkan ada yg udah anak ke2,, rasanya rendah diri :(
    mohon di doakan,, sementara kami jg berusaha semaksimal mungkin.

    terima kasih

  13. [...] jih4nf4rh4n4 Uncategorized Leave a comment Ini ada info yg sgt bagos..tapi dlm bahase indon. taken from http://syiarislam.wordpress.com/2008/02/04/doa-dan-nasehat-untuk-mendapatkan-anak/ [...]

  14. kami dah 3 tahun menikah, udah 2 kali hamil. yang pertama keguguran di usia 3 bulan dan yang ke 2 baru bulan agustus kemaren melahirkan, tapi…innalillahi wa inna ilaihi rooji’un anak kami dipanggil kembali oleh Alloh swt.sekarang kami sedang berharap agar segera hamil lagi, mohon doanya…

  15. Assalamualaikum,
    Saya ingin menanyakan bagaimana caranya atau kiat2 agar mendapatkan anak laki2..dan doa dan amalan apa saja yg agar mendapatkannya.
    Terima kasih
    Wassalamualaikum

  16. saya jg sdah 3 tahun tp blum dikaruniai ank….selama ini sdah usaha dokter dan yang lain,setiap hari dan selamnya selalu berdoa smga kmi sbar dan smga akan ada hikmah ats ujian ini…..

  17. Terimakasih atas postingannya

  18. aslmualaikum..saya ibu rumah tgga usia 25,bb 55,sdang suami sya 31,bb 95.kami sudah menikah 3tahun,tp blm mendapat anak,kami sudah periksa kdokter,alternatif,mnum jamu,d urut.tp smpe skrang blm jg ad hsl,skrang kami pasrahkan semua kepada ALLAH,smga sgra mendapat keturunan,mohon bantuan dan do’anya.

  19. Saya juga,hampir 1thn menikah belum ϑĩ anugrahi buah hati. Kami juga sangat merindukan kehadirannya. Namun,اَللّهُ masih belum mengizinkan kami untuk menggendongnya. Saya juga sering minder bila bertemu kawan,dan selalu ϑĩ tanya “udah berapa anaknya?” Terlebih ‎​ßΐ$α meneteskan air mata bila melihat suami menggendong bayi tetangga. Tapi kami yakin suatu saat nanti kami akan ϑĩ beri anugrah Άΰ ϑĩ dalam rahim saya,dan hadir ϑĩ dalam hidup kami.
    آميْنَ……… يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ
    Jangan pernah putus untuk berdoa dan berusaha

  20. terima kasih pak telah berbagi informasi yang sangat berguna …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 161 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: