Upin dan Ipin: Film Kartun Anak-anak yang Islami


UPINDANIPINAlhamdulillah ada juga film kartun anak-anak yang Islami, yaitu Upin dan Ipin. Film ini cukup bagus dengan menggunakan animasi yang didesain dengan komputer.

Topik ceritanya cukup bagus dan Islami. Di antaranya tentang shalat Taraweh, Puasa, Zakat, Salam, dan sebagainya. Dibanding dengan film sejenis dari Barat atau pun Jepang yang sering mengumbar kekerasan dan pamer aurat, jelas film ini sangat baik untuk mendidik akhlak anak kita sehingga bisa hidup sesuai ajaran Islam.

UPINDANIPIN2

Film ini cukup lucu dan menarik. Anak saya, Hana (7 tahun) dan Irfan (4 tahun) sangat tertarik menonton film yang diputar di TPI pada pukul 9:30 itu. Selain sesuai dengan ajaran Islam juga budaya Melayu terasa kental.

Film ini dibuat oleh Hj. Burhanuddin Bin Md Radzi dkk dari Malaysia.

Berikut cuplikan videonya

http://media-islam.or.id/2009/08/26/upin-dan-ipin-film-kartun-anak-anak-yang-islami


Website Upin dan Ipin:

http://www.upindanipin.com.my

Upin dan Ipin

Hari Minggu kemarin saya membawa keluarga untuk menonton film Upin dan Ipin versi layar lebar. Semua keluarga, termasuk bayi berumur 11 bulan juga saya ajak.

Sengaja saya pergi pagi, supaya bisa dapat menonton jadwal paling awal. Bahkan ikut beratur di konter tiket begitu sampai di bioskop. Tapi maklum lah, tempat tinggal agak jauh dari kota. Sudah berangkat pagi pun, sampainya ya sudah siang juga. Akhirnya ketika antri sudah melihat tulisan kalo 3 jadwal pertama film itu sudah penuh penontonnya. Yang masih ada, ya jam 7 malam. Weleh, masa saya mau menunggu 8 jam untuk menonton film anak-anak? Lha, anak-anak ngapain dong selama 8 jam itu? Akhirnya saya paksain juga antri dan nanya kemungkinan nonton di jam 12.30.

Ternyata masih ada tiket. 6 tiket lagi, tapi tempat duduk yang paling depan. He he he, ga papa deh daripada pulang lagi. Udah janji sejak sebulan yang lalu sih sama anak-anak. Tiketnya murah meriah, sekeluarga hanya RM 28. Kalo dirupiahkan, ngga sampe seratus ribu. Bioskopnya sekelas 21.

Film baru akan dimulai satu jam lagi, jadi kami nunggu di tempat bermain anak. Menjelang jam 12.30 sekeluarga pergi lagi ke bioskopnya. Wah ternyata banyak juga anak-anak yang menonton. Dan yang bawa bayi ngga cuma saya sendiri. Bahkan ada yang bawa baby stroller.

Saat menonton, jadi teringat kenangan masa SD dulu. Ada beberapa kali dari SD kami diwajibkan menonton film perjuangan macam kabut sutra ungu, stasiun terakhir, dan lainnya. Kami harus berjalan kaki sejauh 3 km dari SD sampai ke bioskop. Dalam bioskop, jelas suara yang paling dominan berteriak, tertawa, dan berseloroh adalah suara anak-anak. Begitu juga di film Upin dan Ipin ini.

Filmnya cukup menghibur, ada yang lucunya dan juga yang menyeramkannya. Kualitas animasi cukup bagus. Cerita di awal juga lumayan. Tapi terganggu dengan akhir cerita.

Biasanya film Upin dan Ipin versi televisi yang cuma 5 menit itu mengambil cerita seperti kehidupan nyata. Yah, yang menghibur dari kegiatan sehari-hari lah. Ngga ada unsur supranatural atau yang aneh-aneh gitu lah.

Dalam film versi layar lebar ini, akhir cerita yang mengikutsertakan unsur ga jelas, malah mengurangi keasyikan awal cerita. Binatang jejadian yang menyeramkan dan berasal dari dunia lain, sepertinya ngga cocok buat film ini. Padahal, kalo misalnya dibikin binatang jejadian dari orang yang menyamar mungkin akan lebih menarik. Kalo yang seperti film ini, agak susah juga menjaga image film Upin dan Ipin versi layar kaca yang serba nyata.

Btw aniwe, filmnya cukup menghibur dan menyeronokkan kata anak-anak saya. Bahkan mereka minta diajak nonton lagi. Gile kali ye, masih kecil sudah jadi sufi (suka film red.). Ortunya aja jarang ke bioskop, masa anaknya sering. He he he.

Buat yang di Indonesia, tunggu aja DVD nya sebelum bisa nonton filmnya. Atau datang aja deh ke Malaysia, kan sudah murah tuh tiket pesawatnya.

http://www.schoolofuniverse.com/2009/02/upin-dan-ipin/

Upin dan Ipin 2

Sep 21, ’08 12:01 PM

Horreee… filem animasi upin dan ipin 2 telah tayang… kali ini bertajuk “Setahun Kemudian”. Tetap bercerita tentang ibadah puasa, budi pekerti dan kenakalan anak-anak..

Hanya saja untuk seri ke 2 ini, pelajaran puasanya agak lebih serius. Seperti, bagaimana kita tahu akan mulai berpuasa. Seperti biasa si kembar dikerjain oleh Kak Ros, mereka melek hingga tengah malam karena ingin melihat anak bulan sebagai pertanda mulai puasa.

Atau ketika si kembar ipin&upin bertanya, kenapa cekgu (guru) jasmin tidak mau puasa. Untuk menjawab pertanyaan ini, opah menyerahkan jawabannya ke Kak Ros dan dijawab dengan cukup diplomatis. “iyelah, kite perempuan nie istimewa sikit, Tuhan lebih sayang..”

Ada juga dengan kebiasaan dalam menyambut malam lailatul Qadr, yaitu dengan memasang lampu colok. Nah kebiasaan ini yang mulai punah di Rengat. Dulu terasa banget malam bulan Ramadhan dengan adanya lampu-lampu colok ataupun lampu dari bambu di tiap-tiap rumah.

Kalo diceritain semua gak selesai-selesai nih… nonton langsung aja ya…

Oiya, serial Upin dan Ipin 1 ternyata telah tayang di TPI akhir Agustus lalu…

Kali ini filem upin dan ipin bisa ditonton dan didownload di situs resmi mereka http://www.upindanipin.com.my. Selain filem, kita juga dapat download ringtone dan wallpaper loh…

http://shaputra.multiply.com/journal/item/28/Upin_dan_Ipin_2

Film Barat dan Jepang yang tidak sesuai dengan ajaran Islam:

http://media-islam.or.id/2009/08/11/mewaspadai-tayangan-kekerasan-dan-seks-pada-film-kartunanak-anak

About these ads

42 Tanggapan

  1. Bagus! animasi yang sudah sangat halus.. anak2 saya pun suka sekali nonton! cuma di jawab barat kamu hanya bisa dapat versi donloadnya saja! mau beli belum beredar di pasaran.. **

  2. Assalamu’alaikum…
    Ada Upan dan Ipin 3 gak….

  3. Secara Garis besar Bagus sekali. KArena unsur pendidikan ISlam Nya Ada. BAgus untukmendidik anak. Tapi Episode2 yang baru kok malah Ngelantur ya…, Unsur pendidikan islam nya kurang.

  4. bagus sekali aku suka filmnya

  5. mnurut q kartun upin dan ipin sangat bagus,mendidik walaupun aku bukan muslim tapi aku senang denan kartun tersebut. karena ipin dan upin menampilkan kenakalan kenakalan anak seumurnya. betul betul betul…

  6. upin dan ipin emang heboh dan kocak ak kasian bgt tuh sma upin dan ipin di marahin kak rose trs…….. kak rose itu bkn marahin tpi cuma ngasih tau……..trus extra kocak si laba-labanya itu lho……awas ya jangan sampai ketauan sama kak rose ya….heheeeee……..pokoknya upin dan ipin tetap susses dan mantap ya…..selamat bulan idul fitri mahon maaf lhr dan btn ya…..

  7. Alhamdulillaah, ikut mendukung adanya film ini, secara agama jelas memudahkan transfer penghayatan keberagamaan dalam kehidupan sehari-hari, kehidupan keberagamaan terasa segar dan apa adanya, tanpa terpoles penghayatan keber-agama-an yang dipaksakan, secara budaya film ini menampilkan budaya melayu sehingga menjadi mendia pengenal budaya maupun tumbuhnya rasa percaya diri terhadap budaya yang sarat nilai. Harapan selanjutnya, bagaimana ya caranya agar film yang seperti ni dapat tumbuh sehingga semangat ke-agama-an (Islam) dapat tumbuh secara natural / sesuai fitroh dan peradaban melayu yang jelas-jelas tumbuh dari nilai Islam dapat tertampilkan proporsional. Karena saya yakin, sebagai sumber inspirasi, budaya melayu maupun sumber daya alamnya sangat kaya untuk digali dan ditampilkan, serta nyaman dan aman dinikmati.
    Maaf, barangkali agak panjang sebagai ungkapan keresahan yang dalam atas dunia perfilm-an melayu yang sangat bodoh terhadap budaya dan akar budayanya sendiri.

  8. hebat ipin wahhhhhhhhhhh ayam gorenggggggg,,,,,,betul,,betul,,betul..

  9. Alhamdulillah, msh ada tayangan di TV yg mengajarkan kebaikan utk anak2 lewat penyajian berupa film kartun yg disukai anak2 saya.

    Kalau bisa ditayangkan terus …..

  10. film nya lucu,mendidik,dan bikin orang ketawa

  11. uwchhh…..ipin upin…..,,,,,atu cuka nged 5ipin upin!!!!

  12. saya sangat bangga sekali dengan station yang telah menampilkan film kartun islami
    yang pastinya sangat bermanfaat pada perkembangan anak

  13. SUSANTI ADALAH WATAK YANG ISTIMEWA DARI INDONESIA DALAM UPIN IPIN, JANGAN KETINGGALAN MENONTON SIRI-SIRI AKAN DATANG YA, SALAM PERSAHABATAN INDONESIA MALAYSIA

  14. semoga ahli animasi anak bangsa indonesia mau membuat film yang bermanfaat seperti U & I .

  15. betul betul betul…..

  16. q ngeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeefens buangets 5 kartun upin & ipin lucu sich imoettttttttttttttttttttttttttttttt muachhhhh…………….tayangkan tyuz yaaaaa

  17. aQ ngefeEEEEEEns bGet mA upin dan Ipin………..pengEn nie Foto BareNg????????

  18. ceritanya lucu lumayan buat hiburan pada saat stres ya ga’ sich? betul,betul,betul?

  19. wow,kERen!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    upin,ipin……………………………………………………….
    Lucuna……………………………………………………
    bIkIN_GEMESSSSSSSS_AB!zZzZzZzZzzzzzZzZzZzZzZ!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    I_LUPH_U_PULL_ALWAYS_POLEPEL……………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  20. pilem ini bagus untuk anak2x aku suka pilem upin dan ipin

  21. pilem ini bagus aku suka pilem upin dan ipin

  22. aku sangat suka film upin ipin karna fimnya sangat bagus….
    dan lucu untuk d tonton….
    hmmm……….senang deh pokokknya…..

  23. film upin dan ipin ini sangat menarik sekali dan bisa membuat saya ketawa

  24. aku suk film upin ipin filmnya lucu abis terus banyak yg nonton lagi terus film nya untuk semua umur juga bisa ko lucu abis deh film nya kalo bisa lanjutin terus filmnya ya film itu mengenai tentang agama islam juga loh

  25. Filmnya bgs bngt mendidik anak2 klu bs ada film lg yg khusus buat anak2 kayak mata pelajaran sekolah gitu,,,,

  26. I like That

  27. bagus sekali film tersebut , dan kalau bisa judul-judul baru beserta filmx juga segera di tayangkan

  28. selain unsur islam,menurut saya film upin & ipin jg tentang foklore negara malaysia,keinginan masyarakat malaysia…yg bgaimana dimalaysia msi byk rasism melayu,china n india.dalam cerita itu diperlihatkan keinginan malaysia,kalau ras yg ada di malaysia ini bersatu,bersahabat,sling menghargai antar agama,sperti yg di filmkan dlam upin & ipin

  29. wah cartoon upin & ipin nggak ada yg nanDiNGin dEcH CARTOON yAng PAliNG cOmeeeeeeeeeeeeeeeeeeLLLLLllllllll….!!!!!!!!!!!!! ADICK q SAMpaI NgEfANNNNNNNNssssssssss abIssssssssTtTtTt dEcH

  30. upin dan ipin jangan bandel yacy sama kak Ros nanti ditabokin lho?
    dan buat mei-mei makin pinter aja niech?????

  31. betul…betul,,,,betul…

  32. ada video yg bsa d download gx yach????????

  33. siapa yg gak suka upin ipin nyata ketinggalan

  34. aduh,,,anak saya dgn adanya film upin dan ipin dari pagi smpai sore, bgun tdr srapan smbl nnton upin ipin bayangin aje dr seri 1-10 huhuhhu mama sm papa mau nontn berita or gospot aje nga bs,,,kecuali dia udha ngatuk…..heheheh tp nga ap2 cox dia bs bljar juga dr nonton upin ipin tuch….mksh sang sutradaranya

  35. oh iya kalau bs ada seri2 berikutnya yach….ya plg bagus nuansa islam agak bayak misal: cara ngaji upin dan ipin cr mnghafal doa2 .mksh

  36. caem

  37. bagus upin & ipin lucu bikin gees tp aneh y kok bendera y merah putuih betul3 seronok

  38. ada gak ya film upin ipin yang labih lucu lagi???O.o
    Moga2 ada…

  39. aku ngefens sama UPIN DAN IPIN

  40. saya suka Upin & Ipin kerana ia adalah flm yang menarik dan menghiburkan…

  41. suka dengan cerita upin ipin ni, anak pun suka :) rasanya semua kanak2 suka akan cerita nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 161 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: